Tim PKM-RE FKIK Unram Gelar Sosialisasi di SD Negeri 2 Terong Tawah tentang Pencegahan dan Pengobatan Sariawan Guna Tingkatkan Kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Redaksi Media - Tim Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Mataram (Unram) memberikan edukasi kepada siswa-siswi SD Negeri 2 Terong Tawah tentang pentingnya menjaga hidup bersih dan sehat khususnya cara mencegah dan mengobati sariawan. 

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan pada anak SDN 2 Terong Tawah melalui edukasi pencegahan dan pengobatan sariawan. Sariawan atau Stomatitis aphtosa merupakan penyakit inflamasi yang sering terjadi di bagian rongga mulut. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan pondasi penting dalam pengobatan dan pencegahan sariawan pada anak-anak. 

Melalui edukasi, perhatian terhadap kebersihan mulut, dan asupan gizi yang cukup, dapat mengurangi insiden serta dampak sariawan pada mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat mengubah perilaku dan kebiasaan siswa-siswi SD Negeri 2 Terong Tawah dalam menjaga kesehatan. Kegiatan ini diikuti sebanyak 21 siswa dan siswi SD Negeri 2 Terong Tawah. 

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari dosen pembimbing yaitu Ibu apt. Sucilawaty Ridwan, S.Farm., M.Si. mengenai tujuan dilakukannya kegiatan Pengabdian Masyarakat “Pencegahan dan Pengobatan Sariawan” dan dilanjukan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SD Negeri 2 Terong Tawah Bapak Saiful Bahri. Kemudian tim PKM-RE FKIK Unram memberikan pre test berupa soal yang mengukur pengetahuan awal para siswa siswi yang mengikuti kegiatan ini. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh tim PKM-RE FKIK Unram untuk menambah wawasan mengenai cara dalam mencegah dan mengobati jika mengalami sariawan serta pentingnya melakukan hidup bersih dan sehat agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit. Dalam rangkaian kegiatan juga diselingi dengan game edukasi serta pemberian hadiah yang meningkatkan minat peserta untuk mengikuti acara dan diberikan Vitamin C sebagai contoh untuk tetap menjaga asupan Vitamin C.

Kegiatan ditutup dengan pemberian post test untuk melihat peningkatan pengetahuan para siswa siswi yang setelah mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. 

Koresponden: Baiq Aluh Nurfatimah


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved