Pantai Sepolong, Destinasi Wisata Hits di Lombok Timur


Pantai Sepolong
Pantai Sepolong


Lombok Timur, REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Pantai Sepolong, salah satu pantai berpasir putih di Desa Labuan Haji, Kecamatan Labuan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi destinasi wisata yang sedang hits di kalangan wisatawan. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan alam dan berfoto di spot-spot menarik yang disediakan oleh pengelola desa setempat.


Pantai Sepolong memiliki daya tarik tersendiri dengan hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Pantai ini juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombaknya cukup besar dan cocok untuk berselancar. Di sekitar pantai, terdapat banyak perahu nelayan yang menambah nuansa eksotis.


Salah satu hal yang membuat Pantai Sepolong menjadi populer adalah adanya puluhan tempat duduk dengan konsep rumah mini yang terbuat dari bambu dan alang-alang. Rumah mini ini bisa diduduki maksimal empat orang dan menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Konsepnya adalah lesehan di atas pasir putih sambil menikmati suasana pantai.


Salah satu pengunjung, Baiq Khuratul Khasanah (26), asal Kecamatan Selong, Lombok Timur, mengatakan bahwa ia sengaja datang ke Pantai Sepolong untuk melihat rumah mini yang viral di sosial media. Ia mengaku terpesona dengan keindahan pantai ini dan puas dengan fasilitas yang ditawarkan.


"Konsepnya itu lesehan di pasir putih juga. Di sana ada banyak lokasi duduk santai dengan konsep rumah mini begitu. Kelihatan cantik kalau difoto," kata Khuratul Diikutip dari detikBali, Selasa (24/10/2023).


Khuratul menambahkan bahwa berwisata di Pantai Sepolong juga bisa sekaligus melihat aktivitas para nelayan saat mencari ikan. Dari tepi pantai, wisatawan bisa berburu foto para nelayan usai menepi. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas pantai seperti sate ikan atau bakar ikan dengan harga terjangkau.


"Seru ya di sini. Selain aksesnya bagus. Harga-harga juga standar dan murah. Untuk makanan ringan saja sudah bisa dipesan dengan Rp 15.000 doang," katanya.


Untuk bisa menikmati Pantai Sepolong, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja, ada biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan roda empat sebesar Rp 5.000. Akses ke pantai ini cukup mudah, yaitu dengan mengikuti Jalan Raya Labuan dari Kota Selong.


Pantai Sepolong merupakan salah satu destinasi wisata yang dikembangkan oleh pemerintah daerah Lombok Timur dalam rangka meningkatkan potensi pariwisata di wilayah tersebut. Selain Pantai Sepolong, ada juga Pantai Selong Belanak yang terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan melengkung seperti bulan sabit.


Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak 


Pantai Selong Belanak terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 46,6 kilometer dari Kota Mataram. Pantai ini juga menjadi surga bagi para peselancar karena ombaknya yang ideal. Di sini, wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing atau menikmati kehidupan nelayan sehari-hari.


Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai-pantai tersebut, tersedia sejumlah vila atau penginapan dengan harga bervariasi. Cuaca di pantai-pantai ini cukup panas, sehingga disarankan untuk menggunakan krim tabir surya dan penutup kepala saat berkunjung.


Pantai Sepolong dan Pantai Selong Belanak merupakan bukti bahwa Lombok memiliki banyak pesona alam yang menakjubkan dan layak untuk dikunjungi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke pantai-pantai indah di Lombok ini. (maj/bangjdi)


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved