Pantai Kura-Kura: Destinasi Wisata yang Viral di TikTok, Ini Alasannya!



REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Pantai Kura-Kura adalah salah satu destinasi wisata yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Pantai ini terletak di Sungkun, Ekas Buana, Jerowaru, Pemongkong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.


Pantai ini dinamakan Kura-Kura karena ada sebuah daratan yang bentuknya mirip dengan kura-kura. Daratan ini terbentuk dari karang yang ditumbuhi oleh rumput laut dan tanaman lainnya.


Pantai Kura-Kura memiliki pesona alam yang luar biasa. Pasirnya putih dan halus, air lautnya biru dan jernih, serta pemandangan tebing dan ladang jagung yang menghijau. 


Di pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Anda bisa melihat berbagai macam ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat penyu yang berenang di sekitar pantai.


Cara Menuju Pantai Kura-Kura

Untuk menuju Pantai Kura-Kura, Anda harus menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Kota Mataram¹. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau motor. Rute yang harus Anda lalui adalah Mataram - Praya - Selong - Jerowaru - Sungkun. Jalan menuju pantai ini cukup berliku dan menanjak, jadi Anda harus berhati-hati dan mengikuti petunjuk arah yang ada.


Setelah sampai di Sungkun, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Kemudian, Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak yang berbatu dan berpasir. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan ladang jagung dan tebing karang yang indah. Setelah itu, Anda akan tiba di Pantai Kura-Kura yang memesona.


Fasilitas dan Aktivitas di Pantai Kura-Kura


Pantai Kura-Kura masih sangat alami dan belum banyak tersentuh oleh pembangunan. Di pantai ini, Anda tidak akan menemukan fasilitas seperti hotel, restoran, warung, toilet, atau kamar mandi⁶. Jadi, Anda harus membawa peralatan dan perlengkapan sendiri jika ingin menginap atau berkemah di pantai ini. Anda juga harus menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.


Meskipun fasilitasnya terbatas, Anda tidak akan kehabisan aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kura-Kura. Selain bersantai di pasir putih atau berenang di air laut yang sejuk, Anda juga bisa melakukan snorkeling atau diving untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut³. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling atau diving di tempat penyewaan yang ada di dekat pantai dengan harga Rp 50.000 per jam.


Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan ke daratan yang berbentuk kura-kura. Daratan ini terletak sekitar 200 meter dari bibir pantai dan bisa dicapai dengan berenang atau naik perahu nelayan. Di sini, Anda bisa melihat rumput laut dan tanaman lainnya yang tumbuh di atas karang. Anda juga bisa melihat pemandangan pantai dari sudut yang berbeda.


Tips Wisata ke Pantai Kura-Kura


Agar wisata Anda ke Pantai Kura-Kura lebih menyenangkan dan aman, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti:


- Berangkatlah pagi-pagi agar tidak terjebak macet di jalan dan bisa menikmati pemandangan pantai lebih lama.

- Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup, karena tidak ada warung atau restoran di pantai ini.

- Bawalah tenda, tikar, sleeping bag, dan peralatan lainnya jika ingin menginap atau berkemah di pantai ini.

- Bawalah sunblock, topi, kacamata, dan pakaian ganti untuk melindungi diri dari panas matahari.

- Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di pantai ini.

- Jaga kebersihan dan kelestarian pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak karang dan biota laut.


Akhir Kata


Pantai Kura-Kura adalah salah satu pantai tersembunyi di Lombok Timur yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Pantai ini menawarkan pasir putih, air laut biru, tebing karang, ladang jagung, dan daratan kura-kura yang unik. Di pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Anda juga bisa bersantai, berjalan-jalan, atau berkemah di pantai ini. Pantai Kura-Kura adalah destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang mencari suasana tenang dan alami.


FAQ


Q: Apakah Pantai Kura-Kura cocok untuk anak-anak?


A: Ya, Pantai Kura-Kura cocok untuk anak-anak, asalkan Anda mengawasi mereka dengan baik dan tidak membiarkan mereka berenang terlalu jauh atau mendekati karang yang tajam.


Q: Apakah ada penginapan di dekat Pantai Kura-Kura?


A: Tidak ada penginapan di dekat Pantai Kura-Kura. Jika Anda ingin menginap, Anda harus berkemah di pantai atau mencari penginapan di daerah sekitar seperti Jerowaru atau Selong.


Q: Bagaimana cuaca di Pantai Kura-Kura?


A: Cuaca di Pantai Kura-Kura biasanya cerah dan panas sepanjang tahun. Namun, ada kemungkinan hujan pada bulan November hingga Maret. Jadi, Anda harus memeriksa prakiraan cuaca sebelum berangkat.


Q: Apakah ada biaya masuk ke Pantai Kura-Kura?


A: Ya, ada biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang yang harus dibayar di pintu masuk Sungkun.


Q: Apa saja yang harus dibawa ke Pantai Kura-Kura?


A: Beberapa hal yang harus dibawa ke Pantai Kura-Kura adalah:


- Bekal makanan dan minuman

- Tenda, tikar, sleeping bag, dan peralatan berkemah lainnya (jika ingin menginap)

- Sunblock, topi, kacamata, dan pakaian ganti

- Peralatan snorkeling atau diving (jika ingin mengeksplorasi bawah laut)

- Kamera

- Sampah plastik untuk membawa pulang sampah Anda

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved