Manfaatkan Potensi Desa, Mahasiswa KKN-PMD Unram Berikan Pelatihan Pembuatan Produk Abon Ikan Bagi Masyarakat Desa Sukadana

Redaksi Media - Desa Sukadana adalah salah satu dari 9 desa yang masuk dalam Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Kondisi daerah dengan lahan kering yang luas serta berada dekat dengan wilayah pantai, menjadikan mayoritas masyarakat bermata pencaharian sebagai nelayan. Sumber daya alam selama ini sangat mendukung untuk kegiatan nelayan seperti penangkapan ikan laut. Ini adalah potensi yang besar untuk dikembangkan sehingga hasil tangkapan yang semula kurang bernilai ekonomis menjadi lebih bernilai ekonomis. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram (Unram) memberikan pelatihan pembuatan produk abon berbahan baku ikan laut di Desa Sukadana, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, (18/01/24).

Adapun pusat kegiatan ini difokuskan di salah satu Dusun yakni Dusun Teluk karena dinilai memiliki potensi besar dengan adanya kelompok usaha bersama (KUB) milik desa yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan. Dalam bidang perikanan itu sendiri berfokus pada penangkapan dan pemasaran hasil ikan laut. Diantara hasil laut yang banyak dihasilkan adalah ikan tongkol, ikan layang, ikan lemadang, dan lainnya. Namun, masyarakat belum memiliki produk olahan sendiri untuk dipasarkan sehingga hasil laut yang diperoleh hanya dijual mentahan dengan harga yang terbilang rendah.

Pada kesempatan itu mahasiswa KKN-PMD Unram melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan dan pengemasan produk abon ikan laut dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki produk olahan laut sendiri, mengingat Desa Sukadana adalah daerah pesisir pantai dengan hasil laut yang melimpah. 

Dalam menjalankan program pengolahan ikan ini, Mahasiswa KKN-PMD Unram bekerjasama dengan ibu-ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Geger Gati Dusun Teluk. Ibu-ibu KWT merupakan sasaran yang mempunyai potensi yang perlu dibina kemampuannya dan diberi penyuluhan serta keterampilan dalam kegiatan pembuatan produk UMKM ikan Laut untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan menjadi produk olahan yang bermutu unggul dengan kemasan dan pemasaran yang modern guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sukadana. 

Pada kegiatan tersebut, Mahasiswa KKN-PMD Unram bersama dengan ibu-ibu KWT menggunakan jenis ikan layang sebagai bahan baku produk abon karena dinilai memiliki rasa yang lebih legit juga tekstur daging yang lembut. Abon dipilih sebagai salah satu hasil produksi karena merupakan olahan yang cocok dengan sumber daya yang ada terutama juga diharapkan dapat menjadi terobosan baru yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat desa supaya lebih sejahtera. 

"Ikan tangkapan hasil melaut biasanya hanya dijual mentahan ke pasar atau jika ada pengepul yang datang dari luar kecamatan baru dijual borongan, itupun keuntungan yang diperoleh tidak begitu besar bagi para nelayan sendiri," tutur Kepala Dusun Teluk selaku pembina program kerja mahasiswa KKN-PMD Unram. 

Untuk itu, mahasiswa KKN PMD UNRAM berupaya untuk turut berkontribusi membantu masyarakat salah satunya dengan melakukan inovasi baru dengan memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah khususnya hasil laut guna menaikkan tingkat perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekaligus menjadi pengalaman serta pengetahuan bagi mahasiswa tentang kondisi umum di lingkungan masyarakat.


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved