Tanamkan Pentingnya Kesehatan Sejak Dini, TIM PKM-RE Unram Gelar Sosialisasi PHBS di SDN 2 Terong Tawah

Redaksi Media - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Universitas Mataram (Unram) menggelar sosialisasi dengan target anak-anak yang bertempat di SD Negeri 2 Terong Tawah. Sosialisasi tersebut mengangkat tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya tentang “Pentingnya Penggunaan Suplemen Kesehatan”. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, (27/01/2024).

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang kebutuhan gizi tubuh yang harus terpenuhi sehingga disampaikan mengenai suplemen kesehatan itu sendiri, manfaatnya untuk kesehatan mereka dan dampak negatif yang terjadi apabila anak-anak kekurangan gizi.

Suplemen menjadi salah satu cara untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi tubuh, hal ini mendorong tim PKM-RE Unram untuk memberikan edukasi kepada anak-anak untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi seperti kesenjangan asupan nutrisi yang mungkin tidak diperoleh dari makanan segar. Juga suplemen dapat dijadikan sebagai rencana antisipasi untuk menjaga daya tahan tubuh (imun) yang lebih murah serta mudah bagi kebanyakan orang. Berbagai macam penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi suplemen dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada kelompok orang yang mengalami kesulitan mencukupi kebutuhan gizi dari makanan. Contoh dari suplemen yang dapat menunjang kebutuhan gizi tersebut ialah vitamin A,D,E,K, zat besi, minyak ikan dan lain sebagainya.

Dalam sosialisasi tersebut, tim kami mendapat dukungan dari DPL (Dosen Pendamping Lapangan) yakni ibu apt. Eskarani Tri Pratiwi, S.Farm., M.S.Farm. yang merupakan dosen dari Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unram.

Menurut BPOM RI tahun 2020, suplemen kesehatan didefinisikan sebagai produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis, dengan kandungan satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasikan dengan tumbuhan. Dalam sosialisasi ini, kamu berharap anak-anak khususnya di SD Negeri 2 Terong Tawah mengerti tentang pentingnya penggunaan suplemen kesehatan serta mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.



© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved