Sebrangi Lautan, MIM Foundation Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Desa Pulau Maringkik


Redaksi Media - Metro Insan Mulia (MIM) Foundation bersama Tim Medis dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan gratis di Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur pada Minggu, (21/01/2024).

Desa Pulau Maringkik memiliki luas sekitar 6 hektar, dengan jumlah penduduk di 3 dusun sebanyak 599 kepala keluarga, berada di lepas pantai selatan Kabupaten Lombok Timur. Menurut data Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Pulau Maringkik merupakan desa kepulauan dengan jumlah penduduk terpadat kedua di Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju Desa Pulau Maringkik dapat diakses dengan menggunakan perahu sekitar 20 menit dari pelabuhan Tanjung Luar.


Kegiatan pelayanan ini merupakan komitmen dari MIM Foundation dalam memberikan aksi nyata bidang kesehatan untuk masyarakat rentan, warga Pulau Maringkik sangat antusias memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis tersebut, pelayanan kesehatan ini atas dukungan dari Bank Dinar.

Ketua MIM Foundation, M. Romi Saefudin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan begaian dari upaya melayani dan berkontribusi untuk kelompok rentan di pulau terluar Lombok. Sementara, dr. Herpan Syafi'i Harahap., Sp. S, salah satu dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengatakan semoga kedepan Universitas Mataram bisa berkolaborasi lebih jauh lagi dengan MIM Foundation untuk kegiatan-kegiatan serupa di bidang kesehatan untuk masyarakat yang jauh dari akses kesehatan.


Pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh MIM Foundation melibatkan tenaga medis yang tergabung dalam relawan medical service MIM Foundation dan Universitas Mataram. Layanan kesehatan yang disediakan meliputi pemeriksaan kesehatan, cek tensi darah dan gula darah. Tujuh puluh lebih warga nampak antusias melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan melalui screening yang meliputi, anamnesis keluhan, pemeriksaan fisik dan tanda-tanda vital. Masyarakat yang hadir juga mendapatkan edukasi kesehatan sekaligus pemberian obat dan vitamin.

Kegiatan pelayanan kesehatan gratis yang digelar MIM Foundation ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat terutama di pesisir pantai dan kelompok rentan yang jauh dari akses kesehatan. Harapannya pelayanan kesehatan gratis ini dapat dirasakan oleh masyarakat pesisir pantai dan kelompok rentan di seluruh Nusa Tenggara Barat.



© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved