Mahasiswa KKN-PMD Unram Gelar Sosialisasi Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dan Modified Cassava Flour (MOCAF)


Redaksi Media - Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram (UNRAM) di Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur mengadakan Sosialisasi Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dari kelapa tua dan Modified Cassava Flour (MOCAF) dari singkong. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor Desa Bintang Rinjani pada Kamis, (18/01/2024).

Ketua Kelompok KKN-PMD Desa Bintang Rinjani, Rendi Gunawan mengatakan, “Kegiatan ini kita lakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Bintang Rinjani tentang cara mengoptimalkan hasil dari perkebunan terutama kelapa tua dan singkong. Adapun hasil perkebunan yang dimanfaatkan adalah kelapa tua sebagai bahan utama untuk membuat VCO dan singkong sebagai bahan utama untuk membuat MOCAF”, ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa, Perangkat Desa, Karang Taruna, dan masyarakat Desa Bintang Rinjani. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Firman Fajar Perdhana, S.Si., M.Biotech., dan Gendis Putri Pertiwi, S.Si., M.Sc., selaku dosen dari UNRAM, yang memberikan penjelasan materi secara informatif agar masyarakat dapat mengolah hasil perkebunan kelapa tua dan singkong untuk meningkatkan harga jual sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat Desa Bintang Rinjani dapat mengoptimalkan hasil perkebunan kelapa tua dan singkong.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved