Cegah Abrasi, Mahasiswa KKN-PMD Unram Tanam 1000 Bibit Mangrove


Redaksi Media - Sebagai upaya dalam mencegah terjadinya abrasi, Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram (Unram) melakukan penanaman 1000 bibit mangrove di Pantai Jebak, Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah pada Minggu, (21/01/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, Kepala Desa, seluruh Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat Desa Bangket Parak. 


Ketua Kelompok KKN PMD Unram Desa Bangket Parak, Hariangga Aqil Wiryandika Suratmin mengatakan, "Penanaman bibit mangrove ini merupakan salah satu upaya kita dalam mencegah abrasi dan nantinya bisa menahan gelombang tinggi air laut yang sering menyebabkan terjadinya bencana banjir di Desa Bangket Parak", ungkapnya. 

Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada stakeholder yang sudah mendukung dan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Kami sangat bersyukur atas partisipasi seluruh stakeholder, mengingat pentingnya hutan mangrove bagi keberlangsungan lingkungan hidup kita", tambahnya. 

Penanaman mangrove ini diharapkan dapat memberi manfaat baik seperti melindungi dan mencegah kawasan pesisir pantai dari abrasi. Selain itu, kelompok KKN PMD Unram Desa Bangket Parak juga berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk menjaga kelestarian mangrove di wilayah pesisir Desa Bangket Parak.


Koresponden: Mustika Islami

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved