Mahasiswa KKN-PMD Unram Kenalkan Metode Ember Tumpuk dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)


Redaksi Media - Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram (Unram) di Desa Selengen, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur memberikan pelatihan cara pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah jambu mete sesuai tema KKN yaitu Pertanian Maju dan Berkelanjutan.  Kegiatan tersebut diselenggarakan di Dusun Tangga pada Selasa, (16/01).

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kontribusi dan transfer knowledge terhadap pembuatan POC. Metode pembuatan pupuk dikenalkan yaitu metode Ember Bertumpuk. Metode ini dipilih oleh mahasiswa KKN dikarenakan proses pengolahan limbah menjadi pupuk lebih efisien.

Metode Ember Bertumpuk ini digunakan untuk mengekstrak air lindi hasil fermentasi dari limbah organik kebun. Air lindi yang dihasilkan ini akan menjadi POC dan dapat digunakan langsung oleh petani. Pengaplikasian POC dengan cara dilarutkan pada air dengan perbandingan 1 tutup botol air mineral untuk 3 liter air.


Ketua tim KKN PMD Unram Desa Selengen, Rifki Ramdani Menyampaikan, "Harapan saya nantinya alat yang kami kenalkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengolah limbah kebun khususnya jambu mete yang menjadi salah satu komoditas yang paling banyak di Desa Selengen ini", ungkapnya. 

Dengan gan diterapkan metode pembuatan ini, diharapkan masyarakat Desa Selengen dapat mengoptimalkan limbah kebun dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved