Mahasiswa KKN PMD Unram Desa Teniga Sosialisasikan Desa Sadar Lingkungan Dan Pemilahan Sampah

Redaksi Media - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram (Unram) yang sedang melakukan pengabdian di Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan tema “Sosialisasi Desa Sadar Lingkungan Dan Pemilahan Sampah”. Kegiatan ini dilakukan di Berugaq Desa pada Jumat, (12/01/2024) yang lalu.

Mahasiswa KKN PMD Desa Teniga bekerja sama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (DLHPKP) Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebagai pemateri tentang tata cara pemilahan sampah sekaligus dengan pengelolaan sampah di desa, DLHPKP juga memberi bantuan pemberdayaan melelaui pemberian bantuan kantung sampah plastik yang diserahkan ke Pmerintah Desa bersama Mahasiswa KKN yg nantinya akan didistribusikan kemasyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 20 orang peserta yang terdiri dari Kadus se-desa Teniga, Ibu-ibu PKK, LPM, Ketua RT se-dusun Dasan Tengak, Karang taruna, dan seluruh perangkat Desa Teniga yg ada. Tujuan dari adanya kegiatan ini untuk menambah wawasan masyarakat serta menumbuhkan rasa sadar terhadap lingkungan sekitar dan juga untuk menciptakan Desa Teniga yang ZERO WASTE. Sampah sendiri menjadi salah satu masalah besar bagi masyarakat apalagi dengan tidak bisanya di akses oleh truk-truk sampah ke Desa sehingga masyarakat kebingungan sampah mereka harus di apakan. Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini agar dapat memberikan solusi terhadapat permasalahan sampah yang ada di masyarakat Desa Teniga.

Sekernawadi, S.Pd selaku Kepala UPTD Kabupaten Lombok Utara, Memberi apresiasi terhadap kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN PMD Desa Teniga. Ia mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Teniga yang tinggi terhadap sampah itu sendiri.

“Dengan adanya kegiatan sosialisai yang dilakukan oleh adik-adik KKN ini memberikan fasilitas kepada masyarakat desa untuk mengeluarkan unek-unek mereka terhadap permasalahan sampah sehingga tiang selaku Kepala UPTD dapat mendengar keluhan masyarakat secara langsung”, ujarnya.

Salah satu Kepala Dusun Desa Teniga yaitu Kadus Mekarsari mengatakan, “Sebenernya permasalahan sampah ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa dan juga seluruh masyarakat Desa Teniga bukan tanggung jawab dari KKN, tetapi dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh KKN ini saya selaku kadus berterima kasih, karena kami masyarakat desa dapat mengeluarkan unek-unek atau permintaan kami kepada Dinas Lingkungan Hidup terkait perihal permasalahan sampah yang ada di desa kami”.

Pada Kegiatan ini, DLHPKP KLU menyampaikan materi tentang jenis-jenis sampah, tata cara pemilahan sampah, serta langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan pengelolaan sampah agar sampah bisa bermanfaat bagi masyarakat dan juga untuk mengurangi jumlah sampah, contohnya seperti pembuatan pupuk dari sampah, manggot, ecobricks dll.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari KKN PMD Desa Teniga. Selain kegiatan itu mereka juga melakukan kegiatan lain sebagai bentuk dari kesadaran terhadap sampah seperti bagi-bagi kantung plastik sampah, gotong royong dan menjual sampah yang memiliki nilai jual.

Ketu KKN Teniga, Ruli menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Desa Teniga memiliki kesadaran yang tinggi terhadap sampah sehingga nantinya tercipta Desa Teniga yang Zero Waste. Melalui kegiatan ini juga dapat menambah wawasan masyarakat terkait pemilahan sampah yang nantinya masyarakat Desa teniga mampu mengelola sampah itu sendiri nantinya.

Koresponden: Raden Aldi Hidayat

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved