Mahasiswa KKN-PMD Unram Gelar Sosialisasi Tentang Pertanian Maju dan Berkelanjutan di Desa Paok Pampang

 

Redaksi Media - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram (Unram) sukses mengadakan kegiatan Sosialisasi tentang Pertanian Maju dan Berkelanjutan di Desa Paok Pampang, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur pada Kamis, (18/01/2024).

Desa Paok Pampang memiliki potensi dan komoditas unggulan yaitu dibidang pertanian yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Potensi yang dimiliki dalam bidang pertanian tanaman pangan berupa padi, umbi -umbian, kacang panjang, kangkung, bawang merah, jagung, cabai, tomat mentimun dan terong, sedangkan pertanian tanaman buah buahan berupa buah buahan, seperti alpukat, manggis, mangga, belimbing, durian, sawo, duku, jambu air, nangka, sirsak, anggur, pepaya, pisang dan kedondong".

Untuk membuat suatu sistem Pertanian yang berkelanjutan, maka dalam proses suatu Pertanian harus lebih mengedepankan Pupuk Organik dari pada Pupuk Kimia. Oleh karena itu, Program utama dari Mahasiswa KKN Unram 2023/2024 Desa Paok Pampang Berinisiatif untuk mengadakan kegiatan "Sosialisasi dan Pelatihan Cara Pembuatan Pupuk Organik dan Biopestisida Untuk Pencegahan Hama Ulat Pada Tanaman".

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh kelompok - kelompok tani yang ada di desa Paok Pampang. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh aparatur desa dan juga narasumber. Narasumber yang mengisi materi pada kegiatan tersebut yaitu, Lalu Karna, S.P (Koordinator UPTPP Kecamatan Sukamulia), Fadli, S.E., M.Si (Dosen Pertanian Unram), Dedi Irawan, S.P (koordinator Pertanian daerah NTB).

Dengan terlaksananya Kegiatan tersebut diharapkan para petani mampu menerapkan prinsip pertanian berkelanjutan serta tetap menjaga kesehatan lingkungan.

Setelah selesai acara sosialisasi, mahasiswa KKN Universitas Mataram melaunching atau memperkenalkan produk-produk yang sudah di hasilkan diantara yaitu Pupuk Padat, Pupuk Cair, Biopestisida, Agriekoenzim, dan ZPT.

Koresponden: Nurmala Handayani

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved