Rumah Kosong Milik Petani di Sembalun Ludes Terbakar

Rumah Kosong Milik Petani di Sembalun Ludes Terbakar
Ilustrasi Suasana rumah kebakaran di sembalun 

LOMBOK TIMUR, REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Sebuah rumah kosong yang dimiliki oleh Inaq Ian (59) , seorang petani di Dusun Daya Rurung Barat Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, terbakar pada Kamis (19/10/2023) sekitar pukul 01.00 Wita.


Menurut Riyan Jayadi, anak korban, ibunya tidur di rumahnya waktu kejadian sehingga mereka tidak bisa menyelamatkan barang yang ada di dalam rumah. "Saya kan lagi tidur, saya kaget dan langsung bangun mendengar suara api. Saya panik, karena apinya sudah besar dan saya tidak bisa berbuat banyak. Lalu saya berusaha padamkan dengan alat seadanya, selang beberapa menit warga berhamburan datang membantu padamkan apinya," ujarnya.


Riyan mengaku hanya bisa pasrah dan berharap bantuan dari semua pihak untuk meringankan beban mereka. "Mengingat sehelai benang pun tidak bisa kami selamatkan," katanya.


Sementara itu, Satriawan, kepala wilayah setempat, mengatakan bahwa "Memang tiap malam korban tidur di rumah anaknya, karena ia khawatir sama dirinya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih korban seorang janda, usianya sekitar 59 tahun," tambahnya.


Satriawan juga mengaku kaget dan sempat panik mendengar orang-orang berteriak. "Saya langsung berlari membantu warga untuk memadamkan api itu," katanya.



Ia mengatakan bahwa api bisa dipadamkan selama satu jam dengan alat seadanya. "Dan beruntung api tidak menjalar ke rumah warga lainnya," ucapnya.


Satriawan juga mengapresiasi semangat para warga untuk mematikan si jago merah. "Saya salut dan bangga sama warga kami di sini," pungkasnya.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi nyaris semua isi rumah tidak bisa diselamatkan dan kerugian ditaksir mencapai 100 juta. Penyebab kebakaran masih belum diketahui.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved