PJ Gubernur NTB, Pastikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Tanjung Luar

Sumber: http:// ntbprov.go.id


Tanjung Luar, Lombok Timur, REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Sebuah kebakaran hebat melanda Dusun Muhajirin II, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur pada Selasa (17/10/2023) siang. Kebakaran diduga disebabkan oleh api kompor yang lupa dimatikan oleh salah satu penghuni rumah.


Akibat kebakaran tersebut, sebanyak tiga rumah terdampak, di antaranya satu rumah rusak berat dan dua rumah rusak ringan. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 35 juta. 


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun tujuh jiwa yang tinggal di rumah-rumah tersebut harus mengungsi sementara.


Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, memastikan bahwa korban kebakaran telah mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten. 


Melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Dr. H. Ahsanul Khalik, S.Sos., MH, ia melakukan koordinasi dengan kepala desa setempat, tim kesehatan sosial bencana (KSB), camat, dan dinas sosial kabupaten.


"Kami telah memberikan berbagai bantuan kepada korban kebakaran, seperti makanan siap saji, lauk pauk siap saji, selimut, kasur, sandang bayi, makanan anak, kids ware, family kits, sandang dewasa, peralatan dapur dan tenda gulung," kata Ahsanul Khalik.


Ia juga menjelaskan kronologi kebakaran yang terjadi di dusun tersebut. Menurutnya, kebakaran bermula dari rumah Bapak Yunus yang sedang bekerja di bawah rumah panggung. Sementara itu, istrinya pergi berjualan ikan dan anak-anaknya berada di atas rumah sedang menggoreng emping nasi (sengarek).


"Menurut Bapak Yunus, anaknya lupa mematikan kompor sehingga menyebabkan kebakaran. Api dengan cepat menjalar ke rumah-rumah lain yang berdekatan," ujarnya.


Ahsanul Khalik mengimbau agar masyarakat dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan kompor di dapur dan selalu memeriksa kembali apakah kompor sudah dimatikan atau tidak sebelum meninggalkan rumah.


"Kami menghimbau agar masyarakat dapat tidak lalai dalam mematikan kompor di dapur, demi keselamatan bersama," tuturnya.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved