Desa Kembang Kuning Raih Juara Dua Lomba Desa Pangan Aman Nasional

Deputi BPOM Rita Endang saat Menyerahkan Penghargaan Kepada Kepala Desa Kembang Kuning H. Lalu Sujian

Redaksi Media - Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, meraih juara dua tingkat nasional dalam lomba Desa Pangan Aman Nasional 2023. 

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Pertemuan Teknis Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman 2023 yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 19 Oktober 2023.

Kepala desa Kembang Kuning, H. Lalu Sujian, menerima penghargaan tersebut dari Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Rita Endang. 

Rita Endang mengapresiasi prestasi desa Kembang Kuning yang telah mewujudkan Desa Pangan Aman dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Kalau tahun sekarang adalah upaya kita bersama untuk menurunkan Double Burden ini, baik persoalan gizi, stunting, kekurangan gizi ataupun kelebihan gizi ini menjadi tugas kita. Saya kira ini bukan hanya tugas pusat, tapi seluruh kita, pusat dan daerah, bersama-sama mengatasi. Anak-anak yang stunting, adalah daya pikirnya juga sangat turun, dan satu lagi, kesehatannya juga sangat turun, dan ini sebetulnya ini yang menjadi persoalan sehingga apakah mungkin dengan stunting ini kita bisa berdaya saing. Nah, ini persoalan kita untuk Indonesia emas 2045 yang harus kita atasi," kata Rita Endang dalam sambutannya.

Kepala desa Kembang Kuning, H. Lalu Sujian yang dikonfirmasi melalui daring, Menyampaikan bahwa peran BPOM dalam membina desa Kembang Kuning mewujudkan Desa pangan aman, antara lain dengan memberikan pelatihan kepada kadar pangan aman desa dan kadar keamanan pangan desa, serta sosialisasi kepada pelaku UMKM tentang makanan yang sehat dan aman, serta dapur yang sehat.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved