Pantai Pink, Pantai yang Wajib Di Kunjungi Jika Berlibur di Pulau Lombok

Pantai Pink 

Redaksi Media - Lombok, sebuah pulau yang terkenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid, memiliki banyak pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pink, atau Pantai Tangsi, yang terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Warna pink pada pasir pantai ini diakibatkan oleh campuran pasir putih dan serpihan karang merah muda yang tumbuh di perairan dangkal. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Pantai ini juga memiliki deburan ombak yang tenang, air laut yang berwarna biru, serta bukit hijau yang mengelilinginya. Keindahan bawah lautnya dapat dieksplor dengan kegiatan snorkeling atau diving.

Untuk mencapai Pantai Pink, wisatawan dapat melewati rute dari kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit karena letaknya yang berdekatan. Rambu menuju pantai pink akan terlihat kurang lebih 1 km sebelum wisatawan memasuki pantai Tanjung Ringgit, atau sebelum sampai di pintu masuk pantai Tanjung Ringgit.

Akses lain untuk bisa mencapai pantai ini selain melalui jalur darat adalah melalui jalur laut. Wisatawan dapat menempuh akses ke Tanjung Luar dari pelabuhan kecil menggunakan perahu.

Waktu perjalanan melalui jalur ini sekitar 1 jam dan berhenti di beberapa lokasi yang kini dijadikan destinasi baru ketika berwisata ke Pantai Pink Lombok, seperti Pulau Pasir, Pantai Pink 2, Gili Petelu, Pantai Pink 1, dan juga Pantai Semangkok.

Wisatawan yang datang ke Pantai Pink dapat melakukan banyak kegiatan, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan air, seperti snorkeling, memancing, dan menyelam. Untuk snorkeling, wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan.

Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak hanya 2 km dari tepi pantai dan tidak jauh dari sekitaran pantai, wisatawan dapat menjelajahi goa peninggalan Jepang.

Akomodasi yang tersedia hanya berupa perahu nelayan yang akan mengantarkan wisatawan untuk mengelilingi pulau kecil serta tidak tersedianya penginapan.

Namun demikian, hal ini tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Pink Lombok. Pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pencinta alam dan fotografi.

Keindahan dan keunikan Pantai Pink Lombok membuatnya layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata wajib dikunjungi di Pulau Seribu Masjid.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved