Langkah Konkret Mahasiswa Peternakan Unram memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95


Redaksi Media - 
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan (Faterna) Unram mengadakan pelayanan dan penyuntikan ternak gratis di Desa Boyemare Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, pagi (28/10). 

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 dengan mengusung tema Bersama Majukan Indonesia. 

Pelayanan dan penyuntikan ternak gratis ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat maupun peternak agar memperhatikan kesehatan, gizi dan vitamin yang di butuhkan ternak. 

Pelayanan ini dilakukan pada pagi dan sore hari. Terdapat 3 kelompok pembagian lokasi pelayanan dan penyuntikan di Dusun Boyemare Timur. Pada saat penyuntikan berlangsung, sebagian ternak yang mengalami penyakit Abses, Scabies, Mastitis dan Demam. 


Menurut ketua panitia, mengatakan pengetahuan peternak terkait kesehatan, gizi dan vitamin dirasa sangat minim. 

"Pengetahuan peternak sangat minim mengenai kondisi yg kita temukan di lapangan, jdi peternak cuma memberi tahu kondisi di lapangan tanpa mengetahui penyakitnya, seandainya kita ga datang buat pelayanan mungkin peternak tidak akan menindak lanjuti", tutur Imam Muliadi. 

Sementara itu, Ketua BEM FATERNA UNRAM mengutarakan sejumlah peternak berantusias saat didatangi oleh mahasiswa. 

"Sekitar 40 peternak yang berada di Dusun Boyemare Timur, Desa Boyemare telah kami lakukan pelayanan dan penyuntikan ternak secara gratis", ungkapnya. 

Dalam kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa Diploma III  Fakultas Peternakan Unram (HIMADIPMA FATERNA) dan Pemerintah Desa (Pemdes) turut berpartisipasi dan mendampingi hingga akhir kegiatan. 

"Seperti ini keadaan ternak kami, rata-rata peternak disini membudidaya ternak kambing etawa", ucap Kawil Boyemare Timur. 

Harapannya, dari kegiatan ini masyarakat dapat memahami budidaya ternak yang baik dan benar agar lebih maju.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved