Jokowi Tegaskan Tak Ingin Campuri Urusan Capres-Cawapres 2024

 


REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan tidak terlibat dalam urusan penentuan calon presiden atau calon wakil presiden pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Jokowi saat merespon pertanyaan tentang wacana putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi cawapres.


Jokowi mengatakan penentuan pasangan capres dan cawapres tersebut merupakan wewenang partai politik atau gabungan partai politik. "Jadi silakan tanyakan saja ke partai politik, itu wilayah parpol. Dan saya tegaskan, saya tidak mencampuri urusan penentuan capres atau cawapres," ujar Jokowi dalam wawancara yang dilansir dari YouTube CNN Indonesia, Selasa (17/10/2023).


Jokowi juga menolak berkomentar tentang keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan usia minimal capres-cawapres diturunkan dari semula 40 tahun menjadi 35 tahun. Jokowi menyatakan keputusan tersebut merupakan kewenangan yudikatif yang tidak boleh dicampuri oleh eksekutif.


"Ya, mengenai putusan MK, silakan ditanyakan ke Mahkamah Konstitusi, jangan saya yang berkomentar. Silakan juga pakar hukum yang menilainya. Saya tidak ingin memberikan pendapat atas putusan MK, nanti bisa disalah mengerti seolah-olah saya mencampuri kewenangan yudikatif," tutur Jokowi.


Jokowi saat ini sedang melakukan kunjungan kerja di China World Hotel, Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok di berbagai bidang, termasuk ekonomi, perdagangan, investasi, dan infrastruktur.



[Maj]

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved