Alasan Dibalik Indonesia Disebut sebagai Negara Konoha

Redaksi Media Lombok


REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Indonesia, sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau dan beragam suku bangsa, sering kali disebut sebagai negara Konoha oleh Netizen di media sosial. Saat terjadi kebobrokan dan ketidakadilan di negeri ini, maka sontak netizen mengkonotasikan negeri ini sebagai negara Konoha.


Konoha atau Konohagakure adalah sebuah desa fiksi yang menjadi latar utama dalam serial anime Naruto. Desa ini didirikan oleh dua shinobi legendaris, yaitu Hashirama Senju dan Madara Uchiha, yang berasal dari klan yang berseteru sejak lama. Konoha menjadi salah satu dari lima desa besar di dunia shinobi, yang memiliki pemimpin tertinggi yang disebut Hokage.


Salah satu kemiripan antara Indonesia dan Konoha adalah jumlah pemimpinnya. Baik Indonesia maupun Konoha, hingga saat ini telah mengalami tujuh kali pergantian pemimpin. Selain itu, beberapa pemimpin Indonesia dan Konoha juga memiliki kesamaan dalam latar belakang, karakter, atau peristiwa yang terjadi di masa kepemimpinannya.


Berikut ini adalah daftar pembandingan antara presiden Indonesia dan Hokage Konoha:


Soekarno dan Hashirama Senju




Soekarno, presiden pertama RI, dianggap punya kemiripan dengan Hokage yang pertama di Konoha, Hashirama Senju. Soekarno dan Hashirama Senju merupakan sama-sama sebagai pendiri negara Indonesia dan Konoha. Keduanya juga dikenal sebagai pemimpin yang karismatik, visioner, dan berjiwa nasionalis. Soekarno dan Hashirama Senju juga memiliki  sahabat, yaitu Mohammad Hatta dan Madara Uchiha.


Soeharto dan Tobirama Senju




Soeharto, presiden kedua RI, kerap dianggap mirip dengan pemimpin generasi kedua Hokage, yaitu Tobirama Senju. Tobirama Senju dan Soeharto dianggap punya kesamaan sebagai pelanjut estafet kepemimpinan setelah pendiri bangsa. Keduanya juga memiliki sifat yang tegas, disiplin, dan berwibawa. Soeharto dan Tobirama Senju juga menghadapi tantangan dari pemberontakan-pemberontakan yang mengancam stabilitas negara.


BJ Habibie dan Hiruzen Sarutobi 




BJ Habibie, presiden ketiga RI, dianggap mirip dengan Hokage ketiga Konoha, Hiruzen Sarutobi. Keduanya merupakan pemimpin yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Berkat kejeniusannya yang di atas rata-rata itu, keduanya mendapat gelar Profesor. BJ Habibie maupun Hiruzen Sarutobi keduanya dikenal memiliki tubuh kecil dibanding pemimpin lainnya. Keduanya juga mengalami masa-masa sulit saat terjadi krisis ekonomi dan politik.

Gus Dur dan Minato Namikaze




Gus Dur, presiden keempat RI, dianggap mirip dengan Hokage keempat Konoha, Minato Namikaze. Keduanya merupakan pemimpin yang rela melepaskan jabatan sebagai pemimpin demi menjaga perdamaian negara. Gus Dur mengundurkan diri dari jabatan presiden setelah terjadi konflik antara pemerintah dan DPR. Minato Namikaze mengorbankan nyawanya untuk menyegel Kyuubi yang menyerang Konoha. Keduanya juga dikenal sebagai pemimpin yang santai, humoris, dan bijaksana.


Megawati Soekarnoputri dan Tsunade


Megawati Soekarnoputri, presiden kelima RI, dianggap mirip dengan Hokage kelima Konoha, yaitu Tsunade. Keduanya merupakan pemimpin perempuan pertama di negara mereka. Megawati anak dari Soekarno, sementara Tsunade merupakan cucu dari Hokage pertama, yaitu Hashirama Senju. Keduanya juga memiliki sifat yang keras kepala dan berani.

Susilo Bambang Yudhoyono dan Kakashi Hatake




Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), presiden keenam RI, dianggap memiliki kemiripan dengan Hokage keenam Konoha, Kakashi Hatake. Keduanya membimbing negara mereka dengan latar belakang militer. SBY merupakan mantan jenderal TNI, sementara Kakashi merupakan mantan anggota ANBU. Keduanya juga memiliki sifat yang tenang, bijak, tegas, dan berwawasan luas.


Joko Widodo dan Naruto Uzumaki




Joko Widodo (Jokowi), presiden ketujuh RI, dianggap memiliki kemiripan dengan Hokage ketujuh Konoha, Naruto Uzumaki. Keduanya merupakan pemimpin yang sama-sama menginginkan kedamaian dunia. Jokowi dikenal sebagai presiden yang proaktif dalam menjalin hubungan baik dengan negara-negara lain. Naruto merupakan pemimpin yang berhasil mengakhiri perang dunia shinobi keempat. Keduanya juga memiliki sifat yang ramah dan sederhana.


(Maj)

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved