IN RIDE FOUNDATION dan KEMENPORA RI Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda NTB

IN RIDE FOUNDATION dan KEMENPORA RI Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda NTB



Mataram, REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - IN RIDE FOUNDATION (Institute For Research And Development) bekerja sama dengan Deputi II Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) Republik Indonesia mengadakan pelatihan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda di Fave Hotel, Kota Mataram, Sabtu (21/10/2024). Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) nasional dan daerah, seperti PMII, BEM UNU NTB, IMBI Mataram, FM Lobar, IMBD, IMBD UNU NTB dan IMBI.



Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan nutrisi keilmuan tentang kepemimpinan, kemandirian, organisasi dan manajemen organisasi kepada para peserta. Dengan demikian, mereka dapat belajar bagaimana mengelola dan mengembangkan organisasi mereka serta menjadi pemimpin masa depan yang berprestasi.


Ketua Panitia Herman Jayadi, SE., MM mengatakan, "Pemuda hari ini membutuhkan nutrisi - nutrisi tentang kepemudaan dan kepeloporan agar pemuda yang ada di NTB mampu menyiapkan diri menjadi pemimpin dimasa depan. Kegiatan ini sangat penting untuk kita ikuti khususnya para peserta sebagai nutrisi keilmuan tentang kepemimpinan, Kemandirian, organisasi dan manajemen organisasi."


Herman juga berharap bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kompetisi dan prestasi pemuda NTB di tingkat nasional maupun internasional. Ia mengapresiasi motivasi dan semangat para pemuda yang tergabung dalam OKP tingkat kepemudaan dan kemahasiswaan meskipun tidak memiliki anggaran dari negara.



Materi pelatihan meliputi berbagai topik yang berkaitan dengan kepemimpinan dan kepeloporan pemuda, seperti bonus demografi, Indonesia emas 2045, generasi sandwich, peningkatan kualitas pemuda, daya saing dan karakter pemuda, serta penguasaan teknologi dan digitalisasi.


Direktur IN RIDE FOUNDATION Agus Dedi Putrawan, M.Si menjelaskan bahwa Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2035 yang harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi bencana. Ia juga menekankan pentingnya mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari Indonesia emas 2045 yang merupakan proyeksi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.


"Artinya ini harus di manajemen dengan baik karena negara-negara lain sudah mengusai semuanya terlebih tanah dan air. Sedangkan kita masih berdiam diri. Padahal di tahun 2045 kita memproyeksikan Indonesia menjadi Indonesia emas," ujarnya.


Ia juga mengingatkan bahwa bonus demografi akan membuat kita menjadi generasi sandwich yang harus menghidupi orang tua, adik dan keluarga kita yang sudah kehilangan tenaga, waktu dan sebagainya. Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah awal untuk mengenalkan manajemen kepada para peserta.


Sementara itu, Deputi II KEMENPORA RI diwakili Asisten Bidang Kepemimpinan Pemuda Subroto, Ak.,MM memberikan sambutan melalui via zoom. Ia mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pemuda di era Presiden Joko Widodo.


"Kenapa ini kami lakukan, karena ini sudah menjadi keseriusan pemerintah di era Presiden Joko widodo melalui pada periode kedua hingga saat ini. Kita juga berharap kepemimpinan berikutnya memiliki komitmen yang sama berkaitan peningkatan kualitas pemuda, daya saing dan karakter pemuda," tuturnya.


Ia juga berharap bahwa Indonesia dapat menguasai dunia dari berbagai aspek, baik aspek pembangunan, ekonomi, kepemimpinan, teknologi dan penguasaan digitalisasi lainnya. Ia berpesan kepada para peserta agar dapat menerima pengetahuan yang disampaikan oleh pemateri dan belajar dari kegiatan-kegiatan lain.


"Semoga para peserta bisa menerima pengetahuan walaupun sudah ada dari kegiatan - kegiatan lain. Tapi minimal ada pembelajaran, bahwa ditangan kalian pemudalah nasib Indonesia kedepan," katanya.



Pemateri dalam pelatihan ini adalah para ahli dan praktisi di bidang kepemudaan dan kepeloporan, yaitu; Kadispora NTB diwakili Kabid Pemuda H. Muhtadi Hairi, Deputi II KEMENPORA RI diwakili Asisten Bidang Kepemimpinan Pemuda Subroto, Ak.,MM, Pengusaha Muda Agus Saputra, S.Ei, Ketua KONI NTB H. Mori Hanafi, SE.,M.com, Ketua DPD I KNPI NTB diwakili Sekjend Bung Edy, Dekan FDIK UIN Mataram Dr. M. Saleh Ending, MA


Peserta dalam pelatihan ini adalah perwakilan dari berbagai OKP nasional dan daerah, yaitu; PMII, BEM UNU NTB, IMBI Mataram, FM Lobar, IMBD, IMBD UNU NTB, IMBI



Setelah pemaparan materi-materi dan pemberian cendera mata kepada pemateri, kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta, panitia dan pemateri. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved