Hari Santri Nasional 2023, Pj Sekda NTB Serukan Toleransi dan Cinta Tanah Air

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs. H. Fathurrahman, M.Si, menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Asrama Haji, Mataram, Ahad 22 Oktober 2023. / Kominfotik NTB


Mataram, REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Ribuan santri dari berbagai madrasah di Kota Mataram mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Asrama Haji, Mataram, Ahad (22/10/2023). Upacara ini dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs. H. Fathurrahman, M.Si, yang mewakili Gubernur NTB.


Dalam sambutannya, Pj Sekda NTB menyerukan pentingnya toleransi baik di kalangan santri, umat Islam dan masyarakat umum. Ia mengatakan bahwa Hari Santri diperingati dengan tujuan menumbuhkan sikap moderat dan toleransi yang merupakan ciri khas Islam Nusantara.


"Selamat memperingati Hari Santri 2023, 'Jihad Santri Jayakan Negeri'. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," pesan Fathurrahman.


Inspektur Upacara peringatan Hari Santri Nasional di NTB adalah Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB H. Zamroni Azis, SHI, MH. Ia mengapresiasi peran santri dan pondok pesantren dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Ia juga mengingatkan kepada santri untuk senantiasa melakukan hal-hal yang baik yang mengarah kepada cinta tanah air Indonesia.


"Pemimpin lahir dari santri dan pondok pesantren. Bagi para santri, NKRI adalah harga mati. Hasil perjuangan para santri lah kemerdekaan Indonesia bisa diraih. Oleh karena itu, jadilah santri yang cerdas, berakhlak mulia dan berjiwa patriotik," ungkapnya.


Upacara peringatan hari santri di NTB juga diikuti oleh Forkopimda NTB, Kabinda, anggota DPR RI Komisi VIII dapil NTB, pejabat Eselon III di lingkup Kemenag NTB, Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh dan lainnya.


Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober sejak tahun 2015 sebagai bentuk penghargaan kepada para santri yang berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved