Mahasiswa Peternakan Unram Gelar Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Lebah Trigona Guna Mendorong Kemajuan Sektor Hasil Tani dan Hutan

 
 
Redaksi Media - Dalam rangka mendorong kemajuan disektor hasil pengolahan tani dan hutan di Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Mahasiswa Peternakan Universitas Mataram (Unram) yang tergabung dalam tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Maternapala Unram mengadakan pelatihan manajemen pemeliharaan trigona pada Kamis (21/092023).
 
Program ini mendapatkan respon positif dari instansi pemerintah setempat, pelatihan ini dihadiri oleh Burhanudin S.P selaku PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Desa Sesait dan Sukri S.Pt (Bang Slesh) sebagai pemateri dalam manajemen pemeliharaan lebah trigona, sementara itu ada 2 kelompok yang mengikuti pelatihan ini yaitu Kelompok Tani Hutan Lotus Agro dan Kelompok Bunga Mekar.
 
Ketua tim pelaksana, Dwi Ayu Lestari menerangkan bahwa pelatihan ini bertujuan guna meningkatkan SDM kelompok dalam manajemen budidaya lebah trigona sp, Sasarannya adalah para pemuda desa sesait yang tergabung menjadi kelompok tani. Pelatihan ini diadakan dikarenakan masih sedikit kelompok yang tertarik di desa sesait dalam membudidayakan lebah trigona.
 
"Adanya pelatihan ini sebagai pemantik kelompok tani atau masyarakat dalam manajemen membudidayakan lebah trigona dan berharap bisa lebih berkembang kedepannya" ujar mahasiswi semester 5 tersebut.
 
Bukan hanya itu kelompok tim PPK ORMAWA Maternapala Unram memberikan langsung koloni lebah trigona, sebanyak 40 kotak koloni lebah trigona diberikan kepada Kelompok Tani Hutan Lotus Agro sebagai bukti dukungan langsung mempraktekkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini kedepannya, penyerahan koloni lebah diterima langsung oleh Wiriantara Haris Supan, S. Akun. MM. selaku ketua Kelompok Tani Hutan Lotus Agro.
 
 
”Kami mengucapkan terimakasih kepada adik-adik dari Tim PPK ORMAWA Maternapala Unram yang telah mengadakan pelatihan ini dan pengadaan koloni lebah trigona ini untuk kelompok tani hutan Lotus agro disini" ujar ketua kelompok tersebut 
 
Kesan lain juga di ucapkan salah satu pemuda yang hadir dalam pelatihan ini. Bahkan beliau bersyukur dengan adanya program ini.
 
"Bersyukur sekali adik-adik memilih pemuda sebagai langkah awal untuk mengikuti program ini, semoga kedepannya bisa terus berkembang" tutur pemuda yang akrab disapa ecang.
 
Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) merupakan program nasional yang langsung mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI kepada Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang terpilih melalui proses seleksi proposal.
 

 

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved