Gempa M 7,1 Guncang Lombok dan Sekitarnya, Tidak Berpotensi Tsunami

sumber: www.bmkg.go.id

Lombok, NTB, REDAKSIMEDIALOMBOK.COM - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya pada Selasa (29/8/2023) dini hari. Gempa tersebut terjadi pada pukul 02.55.32 WIB dengan pusat di laut pada jarak 163 km arah timur laut Lombok Utara, NTB, dan kedalaman 525 km.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, getaran gempa dirasakan cukup kuat di beberapa daerah, seperti Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Timur, Kalimantan Selatan, hingga Sulawesi Tengah.


Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, gempa bumi di utara Lombok ini merupakan jenis gempa bumi dalam (deep focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di utara Lombok ini memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun (oblique normal)," ujar Daryono dalam keterangan tertulisnya.


Daryono menambahkan bahwa gempa bumi dalam seperti ini biasanya tidak berdampak signifikan terhadap kerusakan permukaan bumi. Namun, karena memiliki energi yang besar dan merambat jauh, gempa bumi dalam dapat dirasakan di wilayah yang luas.


Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa atau kerusakan akibat gempa tersebut. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. BMKG juga mengingatkan agar masyarakat menjauhi bangunan yang rawan roboh untuk menghindari jatuhnya korban.


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved