Ekspresikan Kreativitas Mahasiswa, LPPM Unram Gelar Pameran Produk Hasil KKN-PMD Tahun 2023

Mahaiswa Unram sedang melakukan pameran produk hasil KKN-PMD
 
Redaks Media - Ekspresikan kreativitas mahasiswa, Unit Pengelolaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (Unram) menggelar kegiatan Pameran Produk Hasil Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) yang dilaksanakan di Areal Parkir Gedung Rektorat Universitas Mataram pada Sabtu, 26 Agustus 2023.
 
Kegiatan Pameran Produk Hasil KKN-PMD ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan setelah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) pada periode Juni - Agustus 2023.
 
Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram Dr. Sujita, S.T., M.T., Ketua LPPM Universitas Mataram Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr., Koordinator KKN dan Kerjasama Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT., Sekretaris KKN Dr. Ni Wayan Sri Suliartini, SP., MP., serta Tim Pengelola KKN LPPM Universitas Mataram.
 
Sumber Foto: LPPM Universitas Mataram
Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT selaku Koordinator KKN dan Kerjasama dalam sambutannya memaparkan KKN-PMD tahun 2023 ini terdiri dari 14 tema diantaranya Desa Preneur, Zero Waste, Desa Wisata, Desa Sehat, Desa Pertanian Maju dan Berkelanjutan khususnya Komoditi Porang, Jagung, Padi, Peternakan dan Perikanan yang ada di Dompu, Desa Tangguh Bencana, Desa Sehat dengan tema Stunting, Desa Digital dan Desa Tertinggal.
 
Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan KKN-PMD ini bukan hanya sekedar mendistribusikan mahasiswa ke beberapa desa yang tersebar di dua Pulau yakni Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa untuk memperoleh pengalaman, namun yang paling utama adalah bagaimana mahasiswa dapat berkolaborasi dan mengembangkan Potensi yang ada di Desa sebagai salah satu langkah awal dalam penanganan permasalahan desa dengan model pendekatan yang kreatif. 
 
Sumber Foto: LPPM Universitas Mataram
Lanjutnya, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. menyampaikan bahwa KKN-PMD juga sebagai sarana untuk mengedukasi dan mengidentifikasi persoalan yang betul-betul dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. 
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram Dr. Sujita, S.T., M.T. dalam hal ini juga memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut secara resmi menyampaikan "Universitas Mataram merasa sangat bangga dan antusias melihat semangat kewirausahaan yang tinggi di kalangan mahasiswa Unram, terutama dengan hadirnya ide-ide kreatif melalui KKN-PMD ini. Kewirausahaan bukan hanya tentang memulai bisnis, tetapi juga tentang kemampuan berpikir kreatif, beradaptasi dengan perubahan, dan bekerja dalam tim", ungkapnya. 
 
Dr. Sujita, S.T., M.T.menekankan betapa pentingnya memiliki soft skill di era modern ini. “Di era sekarang ini kalian tidak dapat mengandalkan IPK tinggi saja, tapi perlu soft skill untuk menunjang masa depan yang lebih-baik, sehingga setelah kampus mahasiswa Universitas Mataram tidak hanya ingin menjadi PNS namun dapat menjadi seorang wirausahawan", tambahnya.


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved