Mahasiswa KKN-PMD Unram Melakukan Penanaman Bibit Pohon sebagai Implementasi Desa Tangguh Bencana di Desa Dadap

Redaksi Media - Sebagai bentuk implementasi desa tangguh bencana, mahasiswa KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram (Unram) melakukan penanaman bibit pohon di beberapa area desa Dadap, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur pada Selasa, (30/01/2024). 

Desa Dadap merupakan desa yang berada di dataran rendah dan dekat dengan pesisir pantai. Keadaan geografis tersebut menjadi salah satu faktor pemicu banjir saat intensitas hujan yang besar. Tim KKN-PMD Unram berupaya mengurangi resiko banjir tersebut dengan melakukan penanaman bibit pohon. Lokasi penanaman dilakukan di 2 area pantai, yang pertama Pantai Timba Galih dan kedua Pantai Ujung. Selain itu penanaman juga dilakukan di pinggir jalan dan SD/SMP se Atap negeri 1 Dadap.

Upaya penanaman bibit pohon ini bukan hanya sebagai bentuk pengurangan resiko banjir. Penanamn bibit pohon dilakukan juga sebagai langkah konservasi air dan mencegah penurunan muka air tanah karena memeperhatikan pemakaian sumur bor untuk keseharian dan aktivitas pertanian dalam jangka waktu panjang. Selain itu juga menjaga suhu udara saat kemarau datang.

Bibit pohon di ambil di KLHK Pringgabaya Lombok Timur. Adapun bibit yang ditanam berupa ketapang kencana, tabebuya, minyak kayu putih, nangka, dan mangga. Masyarakat desa sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini, Kepala Desa Dadap, Rohani juga turut andil dalam penanaman bibit pohon. Masyarakat juga senang karena dapat membawa pulang bibit buah secara gratis. 

Sementara itu, ketua Tim KKN PMD Unram Desa Dadap menyampaikan harapannya dari kegiatan ini. “Kami berharap dengan dilakukannya kegiatan ini menjadi langkah awal kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga alam agar mengurangi resiko terjadinya bencana yang kapan saja bisa terjadi.” Ujar ketua KKN Unran Desa Dadap.



© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved