Mahasiswa KKN-PMD Unram Lakukan Pemasangan Plang Penunjuk Jalan Sebagai Upaya Tingkatkan Fasilitas Wisata Sintung Park

Redaksi Media - Terdapat banyak desa di Pulau Lombok yang berpotensi menjadi Desa Wisata, salah satunya Desa Sintung, Pringgarata, Lombok Tengah. Di Desa Sintung terdapat kawasan wisata yaitu Sintung Park. Sintung Park berada di kawasan dengan luas 2,7 hektare. Sintung Park merupakan kawasan wisata yang memberikan pemandangan keindahan alam asli Desa Sintung. 

Di Sintung Park terdapat sebuah menara yang menjadi icon yang memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan alam di Sintung Park. Sintung Park menawarkan berbagai fasilitas berupa gazebo, taman, kolam renang dan spot foto yang indah. Spot-spot foto yang dapat dinikmati wisatawan berada di sekitar kolam renang, pinggiran sungai, area persawahan yang membentuk terasiring dan juga pemandangan gunung Rinjani dari kejauhan. Oleh karena itu, kawasan wisata Sintung Park akan terlihat sangat indah ketika senja dan sangat cocok untuk para penikmat senja. Dan tidak dipungkiri kawasan Sintung Park pada area persawahan akan terlihat mirip dengan kawasan Ubud Bali.

Kawasan Sintung Park oleh masyarakat Desa Sintung dikenal berada di daerah Tibu Gaong. Tibu Gaong adalah suatu area yang mirip goa dengan kedalaman beberapa meter tetapi memiliki satu lubang berongga yang berbentuk sumur. Oleh karena itu kebanyakan penduduk Desa Sintung tidak mengetahui penamaan Sintung Park namun hanya mengetahui Tibu Gaong. Akan tetapi kawasan wisata yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah ini hingga saat ini memiliki permasalahan untuk diakses. Kebanyakan pengunjung tidak mengetahui letak dan lokasi area wisata tersebut. Selain itu, penamaan Sintung Park tidak banyak diketahui oleh masyarakat sekitar.

Oleh karena itu kelompok KKN Universitas Mataram di Desa Sintung melakukan suatu inovasi yaitu pembuatan plang penunjuk arah. Plang ini ditujukan untuk memudahkan para pengujung yang akan berwisata ke Sintung Park. Pembuatan plang penunjuk arah dilakukan pada tanggal 12 Januari 2024 dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Pihak-pihak tersebut adalah kelompok pemuda sadar wisata (Pokdarwis) Desa Sintung, anggota masyarakat dan instansi terkait yang ada di Desa Sintung. 

Pemasangan plang dilakukan di dua lokasi yang berbeda yaitu di kawasan Dusun Selakan dan Dusun Pidada Desa Sintung. Pemasangan plang di dua daerah tersebut karena merupakan akses jalan masuk Sintung Park di bagian Barat dan Timur. 

Dengan terpasangnya plang ini kelompok KKN Universitas Mataram Desa Sintung berharap adanya peningkatan pengunjung. Selain itu, diharapkan agar masyarakat sekitar lebih mengenal istilah Sintung Park yang nantinya akan memudahkan dalam penunjukan arah ke kawasan wisata Sintung Park.

Koresponden: Lilis Karlina Utami

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved