Sholat Istisqo' di Selong untuk Minta Hujan dan Doa untuk Palestina

Redaksi Media - Mengalami kemarau yang berkepanjangan, Pemerintah Kecamatan Selong mengadakan sholat istisqo' di halaman kantor Camat Selong pada hari Jumat (03/11). Sholat istisqo' dihadiri oleh Forkopinca, ASN di kecamatan Selong, TNI Polri, lurah, Kades, Kepala Lingkungan, dan seluruh kader lingkungan Kecamatan Selong.

Sholat istisqo' berjalan dengan khidmat, dengan Ustad Ahyar sebagai imam sholat dan Ustadz Khairil Anwar sebagai khatib. Ustadz Khairil Anwar dalam khutbahnya mengingatkan para jamaah untuk bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan dan meminta ampun atas dosa-dosa yang menyebabkan bencana seperti kekeringan.

"Marilah kita banyak bersyukur agar krisis air tidak terulang lagi seperti sekarang ini. Dengan krisis ini Allah mengingatkan kita akan banyaknya kekurangan kita terutama dalam menjalankan perintah-Nya", katanya.

Menurut Ustadz Khairil Anwar, sholat istisqo' adalah perintah Allah yang terdapat dalam Al Quran dan hadist Rasulullah SAW. Sholat ini dilakukan ketika ummat islam menghadapi musibah kekeringan yang lama.

Dia menjelaskan bahwa salah satu penyebab bencana adalah dosa dan perilaku buruk manusia di muka bumi. Semua perilaku negatif manusia bisa menimbulkan bencana termasuk krisis air bersih akibat kemarau.

"Karena itu, marilah kita sebarkan salam, sebarkan kebaikan, saling tolong menolong dan semoga Allah mengabulkan doa kita", tambahnya.

Selain itu, khatib juga mengajak ummat islam untuk memiliki rasa empati yang tinggi terhadap ummat islam Palestina yang saat ini terus berjuang melawan zionis Israel.

"Mari kita sama-sama berdoa dan punya empati terhadap saudara-saudara kita yang sedang berjuang di Palestina", tutupnya.

Camat Selong Baiq Widiani Astuti mengatakan bahwa sholat istisqo' dilakukan untuk memohon hujan kepada Allah SWT karena sampai sekarang terutama di wilayah Selong masih mengalami kemarau panjang, belum pernah hujan.

"Ini sebagai bentuk penghambaan kita, memohon kepada Allah SWT agar segera turun hujan di wilayah Selong dan sekitarnya", ujarnya setelah mengikuti sholat istisqo' bersama para Forkompimcam.

Selain sholat istisqo', kegiatan ini juga diisi dengan doa bersama untuk ummat islam di Palestina.

"Ini bentuk solidaritas kita dengan sesama muslim yang saat ini mengalami penderitaan dan kita sediakan kotak infaq untuk kita berikan infak terbaik kita ke saudara-saudara kita", pungkasnya.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved