LPPM Unram Gelar Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Sumber Foto: Humas Unram
REDAKSI MEDIA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (Unram) kembali menggelar Workshop Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bagi Dosen Pemula yang bertempat di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram pada Kamis (12/10/2023).
 
Dalam kegiatan tersebut, hadir secara langsung Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. didampingi oleh Ketua LPPM, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. Selain itu, turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Siti Hilyana, M,Si.; Sekretaris LPPM, Prof. Dr. Ir. IGP Muliarta Aryana, M.P.; Koordinator Bidang Riset, Prof. Ir. Buan Anshari, S.T., M.Sc.(Eng)., Ph.D.; Koordinator Pengabdian, Dr. Faturrahman, M.Si.; Koordinator Kerja Sama dan KKN, Dr. Ir. Misbahuddin, S.T., M.T., IPU.; dan Koordinator Data, Informasi dan Mutu, I Wayan Sudiarta, Ph.D.; serta diikuti oleh 160 dosen pemula di lingkungan Unram.
 
Ketua LPPM, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. memaparkan kegiatan workshop ini dikhususkan untuk dosen pemula yang merupakan kegiatan kedua di tahun 2023. Workshop ini dinilai sangat strategis, sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian, yang mana Rektor Unram juga sangat serius mendorong Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyediakan Skim khusus dosen pemula.
 
“Kegiatan workshop ini merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Mataram dan percepatan status Universitas Mataram dari PTN-BLU menuju PTN-BH. Pendanaan skim dosen pemula ini diharapkan dapat menghasilkan luaran-luaran yang bermanfaat baik bagi institusi maupun bagi masyarakat secara luas. Adapun hipotesis dengan skim ini ada kesinambungan dengan meningkatnya kinerja penelitian dan pengabdian. Sehingga amanat Bapak Rektor, One Lecture One Year One Publication bisa terlaksana,” ungkap Prof. Sukartono.
 
Dalam kesempatan yang sama, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. selaku Rektor Unram dalam sambutannya menjelaskan, “kewajiban Bapak/Ibu selaku Dosen dalam menulis atau mempublikasikan tulisan adalah hal yang tak bisa kita hindari, melakukan penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan juga tidak bisa kita elakan, tentunya sebelum menulis harus ada ide, untuk membangun ide kami telah menyiapkan ProQuest.”
 
“Publikasi merupakan salah satu bentuk sumbangsih kita terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Publikasi bukan sekedar syarat untuk naik pangkat, tapi filosofinya sebagai amal jariyah,” tutur Prof. Bambang.
 
Adapun narasumber dalam workshop ini di antaranya Prof. Dr. Ir. IGP Muliarta Aryana, M.P. dengan materi Rencana Induk Penelitian Universitas Mataram dan Prof. Ir. Buan Anshari, S.T., M.Sc.(Eng)., Ph.D. mengenai Panduan Pelaksanaan Penelitian.
 
Selanjutnya, Dr. Faturrahman, M.Si dengan materi Proposal Pengabdian kepada Masyarakat Pendanaan PNBP Unram; Dr. Ir. Misbahuddin, S.T., M.T., IPU. tentang Kajian Pustaka dan Road Map Penelitian; dan I Wayan Sudiarta, Ph.D. mengenai Etika Penelitian.
 
Penulis: Asdyani

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved