Upaya Menanggulangi Masalah Sampah, Mahasiswa KKN-PMD UNRAM Gelar Aksi Beach Clean Up di Desa Pulau Maringkik

Redaksi Media - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram (UNRAM), menggelar aksi Beach Clean Up di sepanjang pesisir pantai desa Pulau Maringkik, Sabtu (29/7/2023).
 
Kegiatan Beach Clean Up yang dilakukan bersama dengan siswa-siswa SD Negeri 1 Pulau Maringkik dan SMP Negeri SATAP 1 Keruak tersebut merupakan salah satu program kerja tambahan dari kelompok KKN-PMD UNRAM Desa Pulau Maringkik sebagai wujud kesadaran akan pentingnya membangun harmoni dengan alam terutama pantai dan laut. Pasalnya, kawasan tersebut telah menjadi nadi dan sumber kehidupan masyarakat setempat. 
 
Ketua kelompok KKN-PMD Universitas Mataram Desa Pulau Maringkik, Muhammad Jayadi Akbar, menyampaikan bahwa selama ini kesadaran masyarakat di kawasan pesisir dalam menjaga lingkungan masih terbilang rendah. Masyarakat masih terlihat kurang peduli terhadap kondisi pantai dan laut.
 
“Padahal, dari pantailah kehidupan masyarakat desa Pulau Maringkik disandarkan. Oleh karena itu, perlu kesadaran dan komitmen bersama dalam menanggulangi masalah sampah ini”, jelasnya dalam rilis yang diterima, Sabtu (29/7/2023).  
 
Rendahnya kepedulian terhadap laut salah satunya terlihat dari perilaku masyarakat dalam membuang sampah. Sebagian besar masyarakat pesisir membuang sampah rumah tangga mereka di pinggir pantai bahkan ada yang membuang ke laut.
 
“Saya melihat masyarakat disini mengeluhkan tidak adanya tempat pembuangan akhir yang disediakan oleh desa, mereka mengatakan lebih praktis dan mudah membuang sampah ke laut, masyarakat masih belum menyadari dan memikirkan dampak yang akan timbul nantinya”, tuturnya. 
 
Melihat hal tersebut, Akbar merasa perlu untuk menumbuhkan kesadaran terhadap  pentingnya menjaga kelestarian wilayah pantai dan pesisir sebagai bagian dari prinsip pembangunan berkelanjutan.
 
"Saya berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dan adik-adik kita disini akan pentingnya menjaga kelestarian wilayah pantai kita", tambahnya.

© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved