Mahasiswa FKIK Unram Gelar Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Gigi di SDN 2 Terong Tawah


Redaksi Media - Dalam rangka menekan angka sakit gigi di Indonesia khususnya pada anak-anak, Tim PKM-RE Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Mataram (Unram) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan topik kesehatan gigi. Kegiatan ini diselenggarakan dengan beberapa rangkaian mulai dari pembukaan, pemberian soal pretest, games edukasi, penyampaian materi, dilengkapi dengan demonstrasi cara menyikat gigi dengan benar, serta post test dan foto bersama. 

Pada kegiatan tersebut, tampak antusiasme siswa kelas 4B SDN 2 Terong Tawah yang menjadi peserta kegiatan. Mereka menyimak dan mengikuti alur penyampaian materi hingga selesai. Selain itu, siswa-siswi tersebut juga aktif dalam diskusi dan tanya jawab, berani untuk maju melakukan demonstrasi cara menyikat gigi, hingga bisa mengulang apa yang sudah disampaikan. 

Hampir semua peserta sosialisasi berhasil menarasikan kembali cara menyikat gigi dengan benar. Mereka juga menyampaikan bahwa menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat gigi minimal 2x sehari penting untuk dilakukan. 

“Sikat gigi minimal 2 kali sehari itu penting karena bisa mencegah sakit gigi. Kita juga harus mengurangi makan makanan manis supaya gigi kita terjaga” kata Mila, salah satu peserta sosialisasi. 

Mila juga turut menjelaskan kepada teman-temannya yang tidak mengikuti sosialisasi bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. Tentu saja hal-hal seperti itulah yang diharapkan dari adanya sosialisasi ini. Adanya informasi berantai akan membawa lebih banyak manfaat kepada siswa-siswi SDN 2 Terong Tawah.

“Terima kasih kakak, sudah memberikan materi sikat gigi. Semoga kita ndak sering sakit gigi lagi” lanjutnya. 

Kegiatan ini juga diberikan dukungan penuh oleh Kepala SDN 2 Terong Tawah dengan memberikan kesempatan untuk mengadakan kegiatan sosialisasi hingga membantu menertibkan siswa-siswinya baik yang mengikuti sosialisasi maupun tidak mengikuti sosialisasi.

Sejalan dengan itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, TIM PKM-RE Program Studi Farmasi FKIK Unram terus berupaya untuk memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia terutama di bidang kesehatan untuk menyongsong Generasi Emas 2045 nanti.

Koresponden: Baiq Dwiyan Nugrahani


© 2023 PT. Selaparang Media Utama. All Rights Reserved